Sabtu, 16 April 2011

Printer Canon Laser Shot LBP6650dn

Meski ditujukan untuk SoHo, LBP6650dn tetap menyediakan daya tampung kertas yang besar untuk memenuhi kebutuhan yang cetak tinggi.
Canon Laser Shot LBP6650dn (Laser Beam Printer) menghadirkan printer laser monokrom dengan tampilan desain yang kompak serta minimalis. Kode “dn” mengindikasikan adanya feature duplex serta networking yang menyasar pengguna kantoran.
Teknologi yang dibenamkan di dalam printer ini masih sama dengan jajaran printer laser Canon lainnya. Di antaranya, adanya teknologi On Demand-Fixing. Teknologi ini memungkinkan pemanasan roller diganti dengan pemanasan via keramik yang menempel pada drum film.
Keramik pemanas ini hanya akan aktif saat drum/roller berputar untuk mencetak. Imbasnya, panas dapat diminimalkan dengan waktu warming-up yang lebih singkat. Menurut kami, hal ini juga berpengaruh pada penggunaan daya yang lebih efisien.
Secara keseluruhan, printer ini menggunakan 3 baki untuk menampung kertas. Oleh karena itu, disertakan tombol Feeder Selection untuk menentukan dari baki mana kertas akan diambil.
Baki pertama bisa menampung 250 (dan 50 lembar melalui baki multi-purpose). Sementara, baki tambahan mampu menampung hingga 500 lembar. Namun baki tambahan ini bersifat opsional sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.
Dari sisi kinerja, Canon LBP6650dn tampil impresif. Tidak hanya dari kecepatan cetak yang gegas, tetapi juga dari kualitas cetak yang dihasilkan. Perangkat ini menorehkan waktu mencetak 1 halaman hanya dalam 5 detik. Sedikit banyak hal ini terbantu oleh waktu warming-up yang cepat. Begitu pula saat posisi idle, printer bisa langsung diminta mencetak, tanpa menunggu proses “bangun” terlebih dahulu.
Dari sisi kualitas, dokumen berbasis teks bisa ditampilkan dengan presisi dengan tingkat kepekatan yang baik. Kami mencoba mencetak teks hingga font terkecil. Hasilnya, printer mampu menampilkan cetakan prima hingga font berukuran 3 (cukup baik). Sementara hasil cetak dokumen gambar memiliki gradasi abu-abu yang akurat dan rapi.
Yang disayangkan, proses cetak menimbulkan suara serta hentakan yang cukup keras terutama saat awal proses cetak dimulai. Hasil keluaran juga cenderung melengkung meskipun dalam batas normal. Melengkungnya kertas memang sering terjadi pada printer laser karena panas yang ditimbulkan. (Dayu Akbar—Kontributor)
***
Canon LBP6650dn mampu tampil baik dan impresif baik dari sisi kecepatan maupun hasil cetaknya. Didukung daya tampung kertas cukup besar, fasilitas duplex serta dukungan koneksi jaringan, perangkat ini cocok digunakan oleh perkantoran dengan kebutuhan cetak tinggi.

Tabel Uji
Kecepatan
5 halaman
1 halaman (First Print Out Time)
Teks mono
11 detik
5 detik
Teks+grafis (PDF)
14 detik
7 detik
Gambar A4 (JPG)
24 detik
10 detik
Mono dari idle
14 detik
7 detik

Spesifikasi Canon LBP6650DN
Metode cetak
Laser monokrom
Resolusi (standar/interpolasi)
600x600/2400x600 dpi
Memori (standar/maksimal)
64/320 MB
Interface
USB 2.0
Network Support
Ada (ethernet 10/100)
Duplex  
Auto
Printer language
PCL5e/6 dan UFRII
Duty cycle
50.000 halaman/bulan
Sistem operasi
Windows XP/Vista/7/2003/2008; Mac OS X v10.4 ke atas; Linux
Paper input (standar/multi-purpose/optional)
250/50/500 lembar
Jenis kertas
Letter, legal, executive, postcards, envelopes ukuran kertas maks : A4
Dimensi (plt)
40x37,6x26,7 cm
Berat
11,6 kg
Konsumsi listrik (sleep/ standby/operate/max )
6/11/580/1170 watt
Garansi  
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
US$650
* Datascrip, (021) 654-4515, Minggu pertama Januari 2011



Tampil minimalis

Layar berukuran satu baris teks ini mampu menampilkan informasi mengenai aktivitas serta konfigurasi printer secara lengkap.




Pemasangan mudah

Bagian depan didesain untuk memudahkan pemasangan toner. Kita tinggal membuka cover depan, dan menarik pegangan toner-nya.




Plus
    : Hasil cetak bagus; perpindahan modus dari idle ke aktif cepat; daya tampung kertas besar; waktu cetak gegas;
Minus  : Berisik saat mencetak; selesai dicetak kertas sedikit melengkung.

Skor Penilaian
- Kinerja             : 4,25
- Fasilitas          : 4,25
- Penggunaan   : 4,25
- Harga              : 3,5
- Skor Total       : 4,1

0 komentar:

Posting Komentar