Senin, 18 Juli 2011

Facebook di akses orang lain secara bersamaan, Kok Bisa????

Terinspirasi dari pertanyaan itu ada baiknya saya akan sedikit berbagi dan mengupas hal tersebut. Dengan harapan dengan mengetahui hal ini akan mengurangi kejadian serupa terjadi pada kalian, dan kalian akan lebih berhati-hati menggunakannya di kemudian hari.

Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial yang dalam dunia online di kategorikan sebagai website denagn kategori keamanan sangat riskan, namun hal itu gak perlu kita pusingkan karena facebook juga selalu berbernah diri dari waktu kewaktu. Nah dalam hal ini saya takkan membahas facebook secara global tapi khusus tentang tacara kebiasaan kita dlam penggunaan akun Facebook.

Langsung ke pokok permasalah dari judul diatas, saya akan memberikan gambaran bebearapa hal kenapa itu bisa terjadi dan bagaimana solusinya. Inilah penyebabnya :

1. Orang lain mengetahui password kita.


Hal ini yang paling diremehkan kita, karena mungkin yang mengetahui password anda adalah orang yang baik atau bisa dipercaya. Namun kita terkadang lupa mungkin saat ini dia jadi sobat kita tapi gak menjamin selanjutnya seperti itu kan?? Atau mungkin adalah kalanya yang kita percaya secara diam-diam mengkhianati kepercayaan anda.. Jadi ada baiknya hal-hal rahasia cukup kita saja sebab jika disalah gunakan akan merugikan kita sendiri lebih-lebih jika menebarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan anda sendiri. memang kita tidak boleh berburuk sangka tapi waspada itu harus sobat!!!
Solusi : - Aturlah perubahan password secara teratur miusalanya sebulan sekali paling lama, jadi setidaknya kita akan mengurangi batas akses orang-orang yang mengetahui password kita sebelumnya.

2. Browser aktifkan  penyimpanan password

Biasanya kita saat main ditempat umum atau komputer orang lain, jarang memeriksa Option di Browser (spt modzila,IE, opera , dll). Keteledoran ini buat orang lai setelah anda akan dengan mudah membaca email dan password anda dimana website yang sudah anda kunjungi. lihat gambar di bwah ini :

Solusi : - Hapus tanda centang remember pasword spt  gambar diatas langkah 3 atau jangan pernah simpan password otomatis di browser spt gambar di bawah ini.


3. Komputer terjangkiti Keyblogger

Keyblogger adalah software/aplikasi yang bisa merekam jejak apapun yang anda ketik di keyboard dan melaporkannya kepada yang menanamkan aplikasi tersebut , jadi berapa kalipun anda menggantinya selama masih tejangkiti maka apapun yg anda ketik akan terbaca. biasanya hal ini dilakukan beberapa admin warnet untuk memantau penggunanya..
Solusi: - Kalau komputer sendiri maka sering2 update anti virus anda dan jika di warnet maka hati2 memilih warnet ya.. :)

4. Menggunakan Aplikasi Hacker Pembobol password

Untuk yang satu ini buata yang awam akan sulit mendeteksinya, sebab penanganannya juga butuh keahlian khusus. Karena kendali komputer anda ada ditangannya.

Solusi : - Mungkin bisa meminimalkan usahanya untuk mudah menembus password anda adalh dengan menggunakan  password yang aman yakni minimal 8 digit dgn kombinasi huruf besar dan kecil serta ada angkanya..

Hanya itu yang mungkin bisa saya berikan keada kalian dan semoga bermamfaat ya... :)

(Zahir Gadri, 19 Juli 2011)

0 komentar:

Posting Komentar